Gambar: Terjemahinggrisindonesia.com
Dalam Ujian Nasional (UN), kamu tentunya akan sering menjumpai percakapan atau dialog. Di bagian ini, kamu akan mendengarkan dialog. Masing-masing dialog akan diperdengarkan hanya dua kali sehingga kamu harus menyimak baik-baik agar dapat memahami apa yang sedang dibicarakan.
Berikut adalah trik dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan pada bagian ini, adalah sebagai berikut:
- Pada saat narator membacakan "Direction", kamu harus segera membaca pertanyaan beserta pilihan jawaban yang ada pada soal. Sehingga kamu sudah memahami terhadap soal apa saja yang diperkirakan nanti akan ditanyakan pada soal.
- Biasanya dialog dibaca dua kali, ini merupakan kesempatan kamu untuk meyakinkan jawabanmu benar.
- Pada saat membaca pilihan jawaban, kamu harus dapat menentukan kata tanya yang akan digunakan narator? Apakah what, who, when, where, why, how, how long, how much, how many, dll... So, kamu dapat menentukan jawabannya, itu merupakan modal kamu bahwa jawaban kamu benar.
- Kamu harus mengetahui dimana pembicaraan tersebut dilakukan, siapa mereka, apa hubungan mereka, atau apa yang mereka kerjakan. Hal ini merupakan modalmu dalam membuat analisa jawaban yang tepat.
Perhatikan contoh dialog berikut!
Gambar: en.fotolia.com
- Michael : Excuse me.
- Counter Clerk : Yes?
- Michael : I want to send this parcel, please.
- Counter Clerk : Do you want to send it by letter post or parcel post? It'd be three rupees fifty paise 1 by letter post, and two rupees twenty-five paise by parcel post.
- Michael : You'd better send it by letter post. It might be quicker.
- Counter Clerk : It's just over twenty grams. It'll cost you one rupee forty paise. Here're the stamps for the parcel and the letter. Will you affix them,?
- Michael : Yes, I also want twenty inland letter sheets and ten stamped envelopes.
- Counter Clerk : By all means. But wait a minute, please. Let me first give you the receipt for the parcel. Here's the receipt. And here's the postal stationery.
- Michael : Thank you very much. Can I leave the parcel there on the desk in front of you?
- Counter Clerk : Yes. But put the letter in the box over there.
- Michael : Oh, yes. Thank you very much.
Sumber: http://www.englishindo.com
Menurut pendapatmu? Dimanakah dialog tersebut terjadi! Ya, betul dialog tersebut terjadi di Post Office atau di kantor pos.
Jadi, perbanyaklah berlatih membaca dialog atau mendengarkan dialog berbahasa inggris. Hal ini akan mempermudah kamu, dalam memahami percakapan bahasa inggris.
Ungkapan dan responnya sering muncul dalam Ujian Nasional (UN). Percakapan-percakapan tersebut akan diperdengarkan hanya dua kali. Kamu harus menyimak dengan cermat untuk memahami apa yang diucapkan oleh masing-masing anggota percakapan. Kamu harus memilih respon/ungkapan yang paling tepat untuk melengkapi percakapan tersebut.
Berikut adalah beberapa strategi yang dapat diterapkan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan pada bagian ini.
- Konsentrasikan perhatianmu pada makna dari percakapan tersebut.
- Perhatikan pilihan-pilihan jawaban yang tersedia.
- Ingat bahwa pilihan jawaban yang benar adalah respon yang paling tepat untuk melengkapi percakapan.
- Bila kamu tidak memahami makna percakapan, kamu dapat menebak pilihan jawaban yang benar dengan cara memilih pilihan jawaban yang di sediakan.
A. Ungkapan Berkenalan
- Allow me to introduce my self. My name's....
- Hello. My name is....
- Hi, I'm....
Untuk meresponnya gunakan kata-kata berikut:
- It's a pleasure to make your acquaintance. My name is....
- Hello. It's nice to meet you. My name's....
- Hello. I'm pleased to meet you, too.
Apabila kita ingin memperkenalkan orang lain, berikut adalah ungkapan-ubgkapan yang dapat digunakan.
- I'd like to introduce....
- Allow me to introduce....
- Let me introduce....
- It's my pleasure to introduce....
- I'd like you to meet....
- Have you met....?
B. Ungkapan Simpati dan Perhatian
Ungkapan simpati dan perhatian diekspresikan ketika kita mengetahui seseorang mengalami sesuatu yang tidak menyenangkan. Kita mengungkapkan rasa simpati kita denganengatakan ungkapan-ungkapan sebagai berikut:
- I'm sorry that ....
- I'm sorry to hear that ....
- Let me tell you how sorry I am to hear about ....
- You must feel terrible about ....
- I'm sorry.
- How terrible.
C. Ungkapan Nasihat
Berikut adalah ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk meminta nasihat adalah sebagai berikut:
- Do you think I ought to ...?
- What do you think if I should ...?
- Do you have any ideas about ...?
- Should I ...?
- If you were me, what would you ...?
- If you were in my situation, would you ...?
- Do you have any advice for me?
- Can you give me some advice?
- Do you have any recommendation about ...?
- Can you recommend ...?
D. Ungkapan Keharusan dan Ketidakharusan
Pada saat kamu ingin mengungkapkan keharusan, kita dapat menggunakan ungkapan berikut ini:
- I am afraid/I think ... is compulsory/obligatory.
- I am afraid/I think ... is/are obliged to/I think you have to ....
- I think ... is/are supposed to ....
- I'm afraid ... should ....
Sementara untuk menyatakan ketidakharusan dapat menggunakan ungkapan-ungkapan berikut ini:
- ... is/are not supposed to ....
- ... is/are not allowed.
- You shouldn't ....
- I don't think ... should/ought to ....
E. Ungkapan Suka dan Tidak Suka
Untuk mengungkapkan rasa suka, kita dapat menggunakan ungkapan-ungkapan sebagai berikut:
- I like ....
- I enjoy ....
- I really like ....
- I love ....
- ... is/are OK.
Apabila kita tidak suka akan sesuatu/seseorang, kita dapat mengungkapkannya dengan ungkapan-ungkapan berikut ini:
- I don't like ....
- I hate ....
- I think ... is/are disgusting.
- I can't stand ....
- It brothers me when ....
F. Ungkapan Terkejut
Ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk mengungkapkan rasa terkejut adalah sebagai berikut:
- No, I don't believe it.
- Are you serious?
- Are you joking?
- Are you kidding?
- You must be joking.
- Wow!
- Oh, no. That's not true.
- Really?
- It's surprising that ....
- What a surprise!
- Incredible!
- Goodness!
- What?
G. Ungkapan Rasa Bangga
Untuk ungkapan rasa bangga kita dapat menggunakan ungkapan sebagai berikut:
- I'm proud of it.
- I think I did it.
H. Ungkapan Kemampuan dan Ketidakmampuan
Untuk mengungkapkan bahwa kita mampu untuk melakukan sesuatu kita dapat menggunakan salah satu dari ungkapan-ungkapan berikut ini:
- I'm capable of ....
- I'm able to ....
- I feel capable of/able to ....
- I can ....
- ... is/are not difficult.
- I know how to ....
- I know something about ....
- I'm not too bad at ....
- No problem.
- I'm pretty good at ....
- A piece of cake ....
Sedangkan untuk mengungkapkan bahwa kita tidak mampu melakukan sesuatu, kita dapat menggunakan ungkapan berikut ini:
- (I'm afraid) I can't cope with ....
- I don't think I have the ability ....
- I don't feel able to/capable of ....
- I'm not sure I am capable.
- I can't.
- I'm not sure I know how to ....
- I've no idea how ....
- I'm no good at ....
I. Ungkapan Permintaan Maaf
Untuk mengungkapkan permintaan maaf biasanya menggunakan kalimat sebagai berikut:
- May I offer you my sincere apologies for ....
- I (really) do/must apologize for ....
- I'm extremely/very/really/awfully sorry for ....
- Pelase forgive me for ....
- Pelase accept my apologies ....
- I am sorry.
- I am sorry for ....
- Sorry about ....
- Sorry.
Ketika kita menerima permintaan maaf seseorang kita dapat menggunakan ungkapan-ungkapan berikut ini:
- That's quite all right.
- Think nothing of it.
- It's all right.
- Don't worry about it.
- Pease don't worry.
- That's okay.
- That's fine.
- Forget it.
- Not to worry.
- No problem.
- Let's forget it.
J. Ungkapan Penawaran Jasa/Bantuan
Untuk menawarkan jasa/bantuan kepada seseorang, berikut adalah ungkapan-ungkapan yang dapat digunakan:
- Can I help you?
- Let me help you ....
- Shall I ....?
- If you like I could ....
- I'll ....
- What can I do to help ...?
- Would you like any help ...?
- Would you like me to ...?
- Is there anything I can do ...?
- Need some help?
- Want a hand?
- Might I help at all?
- Perhaps I could assist in some way?
K. Ungkapan Undangan
Ungkapan-ungkapan yang dapat digunakan untuk mengundang/mengajak seseorang adalah sebagai berikut:
- I'd like you to ....
- I'd like to ask you to ....
- Would you like to ...?
- How/what about ...?
- Let's ....
Apabila kita menerima undangan ajakan/undangan seseorang kita dapat menyatakannya dengan ungkapan berikut ini:
- Thank you, I'd be glad to ....
- Yes, thank you. I'd be happy to ....
- Thank you so much for inviting me.
- Let's meet at ....
- Yes, I'd love to.
- Sure.
- Great.
- All right.
Sedangkan untuk menolak suatu undangan/ajakan kita dapat menggunakan ungkapan-ungkapan sebagai berikut:
- I'm so sorry, I'll ....
- I'm afraid that's not good for me, what about ...?
L. Ungkapan Permintaan/Pemberian dan Penolakan Ijin
Berikut adalah ungkapan-ungkapan yang dapat digunakan untuk meminta ijin:
- Can I ..., please?
- Please let me ....
- May I ..., please?
- Do you mind if I ...?
- Would you mind if I ...?
- May I have permission to ...?
- Is it all right if I ...?
Untuk memberikan ijin kita dapat menggunakan ungkapan-ungkapan sebagai berikut:
- Sure, go a head.
- It's okay with me.
- No, I don't mind.
- Why not?
- You have my permission.
- I won't stop you.
- Certainly.
Sedangkan apabila kita ingin menolak untuk memberikan ijin, kita dapat menggunakan ungkapan-ungkapan berikut ini:
- No, you may not.
- You can't.
- Yes, I do mind.
- I don't think so.
- I will not permit you.
- I absolutely forbid you.
M. Mengungkapkan Rasa Senang/Tidak Senang
Banyak sekali ungkapan yang dapat kita gunakan untuk mengungkapkan rasa senang/rasa tidak senang. Berikut ini adalah ungkapan untuk menyatakan rasa senang:
- I am very glad to ....
- I am very glad/delighted that ....
- I'm very pleased with ....
- I'm very pleased.
- It gives me great pleasure.
- I can't say how pleased/delighted I am.
- How nice/marvellous/wonderful!
- I'm/I feel so happy/glad.
- It's good/splendid news.
- It's the best thing I've ever heard.
- Oh, it's wonderful.
- Great!
- Fantastic!
- Smashing!
- Terrific!
N. Ungkapan Persetujuan dan Ketidaksetujuan
Berikut adalah ungkapan untuk persetujuan:
- I agree with you.
- So do I.
- Me too.
- You can say that again.
- Who wouldn't?
- I'll second that.
- Is/was/has? It ever!
- You bet!
- I couldn't agree with you more.
- I feel the same way you do about it.
Berikut ini adalah ungkapan untuk menyatakan ketidaksetujuan:
- I don't agree with you.
- I don't think so.
- That's not what I think.
- That's not the way I see it.
- I can't say I agree.
- I couldn't agree with you less.
- I'm afraid I don't agree.
- I'm afraid I can't say the same.
- Probably not.
- Not really.
- I'm afraid not.
- I'm not so sure.
O. Ungkapan Kepuasan/Ketidakpuasan
Ungkapan-ungkapan berikut digunakan untuk menanyakan tentang kepuasan/ketidakpuasan:
- How do you like ...?
- Is everything OK?
- Is everything satisfactory?
- Are you satisfied?
- Do you find ... satisfactory?
- Do you want to complain about something?
- Was something not to your satisfaction?
- Are you dissatisfied with something?
Untuk menyatakan kepuasan kita dapat menggunakan ungkapan-ungkapan berikut ini:
- I really like ....
- I'm completely satisfied with ....
- It was satisfactory.
- Everything is fine, thank you.
- Everything was just perfect.
- I'm happy enough with ....
- It was okay. Not too bad.
- Good enough.
Untuk menyatakan ketidakpuasan, ungkapan-ungkapan yang dapat digunakan adalah sebagai berikut:
- I am a little/a bit dissatisfied with ....
- ... was lousy.
- I'm tired of ....
- I don't like ....
- I have a complaint.
- I'm very dissatisfied with ....
- I want to make a complaint.
Untuk menanggapi pernyataan ketidakpuasan kita dapat menggunakan ungkapan berikut ini:
- I see.
- I'm sorry to hear that.
- I'll look info it.
- I'll see what I can do about it.
- I'll try and take care of it.
Pada bagian chapter lll ini, kamu akan mendengarkan monolog. Monolog tersebut akan diperdengarkan hanya dua kali. Oleh karena itu, kamu harus menyimak baik-baik untuk memahaminya. Setelah kamu mendengarkan monolog, kamu akan menemukan pertanyaan-pertanyaan tentang isi monolog tersebut. Baca lima pilihan jawaban dan tentukan pilihan jawaban yang paling sesuai untuk pertanyaan yang sudah kamu dengarkan.
Berikut adalah trik yang dapat digunakan dalam mengerjakan bagian monolog ini.
- Apabila ada waktu, bacalah pilihan-pilihan jawaban yang ada pada bagian ini.
- Konsentrasi pada monolog, terutama pada bagian awal karena biasanya bagian tersebut memuat gagasan utama, atau topik monolog.
- Konsentrasi pada informasi detail monolog (apa yang dibicarakan, siapa yang berbicara, di mana terjadinya, dan sebagainya).
- Konsentrasi pada isi dan konteks monolog. Semua informasi yang diperlukan untuk menjawab pertanyaan ada pada monolog. Cobalah untuk mengingat detail isi monolog.
- Konsentrasi juga pada pertanyaan. Ingat kembali pertanyaannya ketika kamu membaca pilihan-pilihan jawaban.
- Gunakan intuisimu apabila kamu tidak tahu pilihan jawaban mana yang benar.
- Manfaatkan waktu sebaik-baiknya.
- Jawab pertanyaan dengan cepat dan siap untuk membaca pertanyaan selanjutnya.
- Perbanyaklah berlatih sebelum kamu menghadapi Ujian Nasional (UN).
Perhatikan contoh monolog narrative berikut ini.
Alhamdulillah....
Sekian & Terima kasih..
Sumber: ebook/http://pak-anang.blogspot.com
Editor: SowongFana
Tidak ada komentar:
Posting Komentar